YulianaTriRahayu's Blog

BiNusian weblog

Teknologi Canggih Bisa Ukur Respons Emosi

February1

internet-addict

Jakarta – Dua ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), El Kaliouby dan Rosalind Picard menciptakan Affectiva, sebuah teknologi yang bisa mengukur kadar respons emosi seseorang yang menonton sebuah tayangan video di web.

Teknologi ini dibuat Kaliouby dan Picard untuk membantu penderita autis atau gangguan emosi agar bisa lebih memahami emosi. Dilansir Mashable dan dikutip detikINET, Selasa (01/02/2011), Affectiva menganalisa ekspresi wajah tunggal yang berhubungan dengan kegembiraan yaitu senyuman.

Selanjutnya, software akan mendeteksi ketika si penonton tersenyum dan dia bisa melihat apa yang disebut dengan ‘Smile Track’ ketika selesai menonton sebuah tayangan.

Affectiva memang berpusat pada ekspresi senyuman, namun prototipe awal ini juga bisa menganalisa beragam ekspresi wajah yang sesuai dengan apa yang tengah dipikirkan si penonton.

Baik Kaliouby maupun Picard melihat adanya potensi bagi teknologi pengukur emosi ini untuk pasar riset, pengembangan dan pengujian produk, keperluan medis dan tujuan akademik lainnya.

http://www.detikinet.com

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: